Informasi Peluang Bisnis Mudah

Perihal yang harus Perhatikan dalam Bisnis Waralaba

Share on :
hal-hal yang harus di perhatikan mengenai Bisnis Waralaba __ Berdasarkan statistic bisnis waralaba memiliki kemungkinan untuk bertahan lebih lama dari saat pertama bisnis tersebut dimulai dibandingkan dengan sebuah bisnis yang dibangun diawal secara single fighter. Hal ini karena waralaba dibangun bersama-sama dengan banyak partner / agen, sedangkan jika anda memulainya sendiri, maka anda mengerjakan semuanya seorang diri. Franchisor merupakan pemilik usaha yang mempunyai sistem yang sudah baku dan memutuskan untuk memperluas jaringan bisnis nya dengan membuka kesempatan bagi siapapun untuk bekerja sama. Sedangkan “franchisee” adalah orang yang memustukan untuk menjalankian atau mengoperasikan sistem bisnis yang dimiliki oleh franchisor

Memang Keuntungan dari sebuah investasi bisnis waralaba bisa mencapai 15% – 65%, dan biasanya pada bulan pertama memulai usaha sudah bisa meraup keuntungan walaupun masih sedikit, itu dikarenakan anda bukan hanya membeli sebuah produk untuk menjadi agen, tapi anda seperti membeli sebuah bisnis dengan sistem yang sudah teruji.
Bisnis Waralaba Juga Bisa Rugi

Adapun hal-hal yang harus di perhatikan mengenai Bisnis Waralaba
Ada banyak peluang waralaba di Indonesia saat ini. Berbagai jenis bisnis waralaba sudah semakin variatif sehingga anda bisa lebih mudah menentukan pilihan yang sesuai dengan modal dan minat anda. Berbisnis bukan saja soal margin, tapi juga minat. Kalau Anda interest dengan bisnis anda, maka ketika bisnis tersebut sedang down anda masih tetap senang menjalaninya.

Jika anda berbisnis waralaba berarti anda diibaratkan membeli sebuah sistem bisnis yang lengkap termasuk cara bagaimana memasarkan produk tersebut. mulai dari peralatan, bahan baku sampai pada promosi, disini anda memang hanya sebagai investor saja, dan pihak franchisor menyediakan semuanya untuk anda.

Namun biasanya program waralaba yang sudah mempunyai nama yang besar menjalankan proyek percobaan terlebih dahulu kepada para franchisee dalam beberapa tahun, jika prospek bisnis kurang menjanjikan maka kerja sama bisa diputus, atau di alihkan ke lokasi lain. Tapi jika berhasil maka akan diteruskan. Hal ini dilakukan untuk mengeliminasi resiko-resiko yang lebih besar .

Untuk franchisor, menemukan orang yang cocok dan mau menjalankan bisnis mereka di berbagai daerah adalah penting sekali. Franchisor harus bekerja keras untuk memancing para investor agar mau bergabung dengan bisnis waralaba nya. Namun, setelah menemukan orang-orang yang tepat franchisor juga harus memberikan dukungan kepada para franchisee, berupa saran dan tips-tips untuk memasarkan atau mempromosikan bisnis mereka. Dan biasanya pihak franchisor juga akan memeriksa kepada outlet-outlet para franchisee mereka, untuk memastikan bisnis mereka tidak ada masalah.

Biasanya franchisor yang baik akan membantu para franchisee untuk sukses. Pemilik usaha akan membekali anda dengan segudang informasi dan menerangkan setiap detil bisnis mereka dan menunjukkan kepada anda bagaimana caranya agar bisnis waralaba yang anda jalankan mampu menghasilkan profit yang bagus.

Sebagian jenis waralaba dapat dijalankan di rumah, itu artinya para franchisee punya kesempatan berbisnis sambil di rumah. Jenis waralaba ini bisa jadi alternative bagi ibu rumah tangga atau siapapun yang ingin memiliki banyak waktu dengan keluarga tanpa harus kehilangan sumber penghasilan.

Kebanyakan bisnis frinchise sukses dijalankan tapi seperti bisnis pada umumnya bisnis ini juga sangat mungkin mengalami kegagalan. Banyak franchisers yang gagal disebabkan mereka hanya asal ikut saja dalam bisnis waralaba ini tanpa adanya perencanaan dan persiapan yang tepat. Banyak pewaralaba yang datang dari latar belakang yang nol dalam pengalaman bisnis.

Jelas dibutuhkan modal yang cukup besar untuk bergabung dengan bisnis waralaba ini. Franchisors mempromosikan waralaba mereka dengan pameran dan publikasi media seperti cetak dan internet, membutuhkan dana yang tidak sedikit, jadi harga yang jual waralaba itu sudah termasuk dengan harga iklan yang mahal, jadi untuk menjadi franchisee memang dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

Tetapi waralaba bisa menjadi alat yang sangat cepat untuk meraup pasar baru dan memanfaatkan potensi wirausaha anda jika ditangani dengan benar dan professional. Jadi jika anda tertarik dengan bisnis ini, anda harus serius menjalankannya karena modal yang digunakan juga cukup banyak.

Banyak dari franchisor memiliki aturan yang eksplisit mengenai pengalihan unit bisnis waralaba dengan pemilik baru termasuk kualifikasi pembeli, peraturan, persiapan dan lain-lain, oleh karena itu teliti sebelum membeli, bahkan kalau perlu tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman dengan pihak franchisor tersebut

0 komentar on Perihal yang harus Perhatikan dalam Bisnis Waralaba :

Post a Comment and Don't Spam!

˘