Informasi Peluang Bisnis Mudah

Kendala Pemasaran Produk agrobisnis

Share on :
Kendala Pemasaran Produk agrobisnis__Meskipun pada dasarnya strategi pemasaran di bidang agrobisnis tidak jauh berbeda dengan cara pemasaran produk lainnya. Namun sampai hari ini para petani masih disulitkan dengan beberapa kendala yang menghambat jalannya sistem pemasaran produknya. Sehingga tidak heran bila sekarang ini pemasaran produk agrobisnis belum seluruhnya berjalan maksimal dan belum berhasil menembus ketatnya persaingan di pasar mancanegara.

Dalam menjalankan sebuah usaha, peran strategi pemasaran sangatlah penting untuk mendukung kesuksesan usaha yang dijalankan. Tak terkecuali dalam menekuni dunia agrobisnis. Para petani membutuhkan strategi-strategi jitu agar produk hasil panennya bisa laku dipasaran dengan harga yang cukup mahal dan berhasil menembus pasar nasional maupun internasional.

berikut Kendala Pemasaran Produk agrobisnis__

Rantai pemasaran yang terlalu panjang. Terkadang panjangnya rantai pemasaran di bidang agrobisnis hanya akan memperbesar biaya operasional dan memotong margin atau keuntungan yang seharusnya diterima pelaku usaha. Biasanya semakin banyak jumlah perantara yang dilalui sebuah produk, maka semakin kecil pula harga tawar produk tersebut. Sehingga wajar adanya bila harga beli yang ditawarkan para tengkulak terkadang kurang menguntungkan bagi para pelaku usaha, karena nilainya lebih rendah dari harga jual di pasaran (di kalangan konsumen akhir).

Persediaan barang yang bersifat musiman juga menadi Kendala Pemasaran Produk agrobisnis__. Selama ini para petani di Indonesia masih mengandalkan teknologi sederhana dalam mengembangkan produksinya. Hal ini tentu mempengaruhi komoditas panen yang dihasilkan, sehingga persediaan barang juga bersifat musiman (belum stabil). Ketika panen raya tiba, stok barang melimpah ruah dan harga jualnya bisa anjlok dengan nilai yang sangat rendah. Sedangkan pada saat belum musim, ketersediaan barang menjadi sangat terbatas sehingga harga jualnya bisa melambung tinggi. Ketersediaan produk yang kurang stabil seperti ini menjadi salah satu kendala besar bagi para pelaku usaha, sehingga mereka belum bisa memenuhi permintaan pasar ekspor secara kontinyu.

kebingungan untuk memasarkan produk hasil panennya merupakan Kendala Pemasaran Produk agrobisnis__.
Minimnya perencanaan dalam menjalankan usaha agrobisnis dan kurangnya ilmu pengetahuan maupun kemampuan yang dimiliki para petani, menjadikan pemasaran sektor agrobisnis di Indonesia masih belum optimal dan menemui beberapa hambatan. Karenanya, dibutuhkan kerjasama dari pihak pemerintah maupun swasta agar kualitas produk agrobisnis Indonesia bisa menunjukan peningkatan yang signifikan, dan bisa memenuhi kebutuhan pasar yang masih terbuka lebar.

Kurangnya informasi jaringan pasar. Sampai hari ini masih banyak para petani di daerah terpencil yang minim pengetahuan dan kemampuan dalam menganalisa pasar. Bahkan sebagian dari mereka belum mendapatkan informasi mengenai calon konsumen yang potensial. Sehingga tidak heran bila sekarang ini banyak petani yang masih

Semoga informasi kendala pemasaran produk agrobisnis ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan memberikan semangat baru bagi para pelaku usaha agrobisnis untuk mulai melebarkan sayapnya hingga pasar mancanegara. Diawali dari yang kecil, dari yang mudah, dan dimulai dari sekarang.

Salam sukses.

1 komentar:

teTuku mengatakan... 2 Mei 2012 00.22

Ponsel jaman sekarang sudah bisa membaca QRcode.
QR Code adalah generasi baru diatas Bar Code, dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Kelebihan utama dari QR
COde adalah kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada Bar Code.
QR Code telah mendapatkan standarisasi internasional dan standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004
dan JIS-X-0510
Anda bisa memasang qrcode di blog/Web dengan mudah dan gratis. Silahkan kunjungi http://qrcode.tetuku.com
Kami juga melayani jasa pembuatan seni QRcode yang bisa anda gunakan untuk melengkapi kartu nama, label, leaflet dan media promosi lainnya

Post a Comment and Don't Spam!

˘