Informasi Peluang Bisnis Mudah

Cara Sukses Promosi Bisnis Makanan

Share on :
Cara Sukses Promosi Bisnis Makanan __Makanan adalah kebutuhan primer manusia. Makhluk hidup mana yang bisa bertahan hidup tanpa makanan? Dalam daftar belanja bulanan para ibu rumah tangga, makanan selalu ditempatkan di posisi nomor satu. Setelah itu baru disusul kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Seiring dengan kemajuan zaman, manusia kini banyak menciptakan berbagai macam makanan yang tak sekadar membuat perut kenyang. Kini, makanan banyak diolah sedemikian rupa sehingga menarik dan berkualitas dari segi rasa, gizi, maupun tampilannya.

Meskipun bisnis kuliner / makanan merupakan peluang yang menjanjikan dan telah banyak mencetak pengusaha sukses, namun jangan lupa tak sedikit pula pelaku usaha kuliner yang gulung tikar. Kegagalan yang terjadi biasanya disebabkan strategi pemasaran yang kurang tepat.

Berikut beberapa tips strategi Cara Sukses Promosi Bisnis Makanan :


>>. Ciptakan Inovasi Baru

Jangan hanya berpaku pada satu jenis menu makanan saja. Berikan juga pengunjung satu jenis makanan yang bisa dibikin apa saja. Misalnya Bebek Saos Inggris, Bebek Panggang Rica-rica, Burger Bebek atau Pizza Bebek. Menarik bukan?

>>. Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayanan disini menyangkut masalah kebersihan, waktu penyajian makanan dan kualitas rasa makanan, juga keamanan. Kebersihan meliputi kebersihan tempat kita berjualan, kebersihan si penjual, dan tentu saja kebersihan makanan yang dijual. Selain itu, jangan membuat pelanggan kecewa dengan waktu penyajian makanan yang terlalu lama atau kualitas rasa makanan yang tidak enak.

>>. Nama yang Unik

Buatlah konsep yang beda, penuh dengan inovasi dan kreativitas. Spesifikasikan jenis makanan yang dijual. Contohnya, jika kita ingin menjual bebek dan ayam goreng. Karena sudah banyak orang yang berjualan bebek dan ayam goreng, maka berkreasilah dengan menciptakan nama yang unik! Misalnya dengan pemberian nama “Bebek Goreng Hitam Manis” atau “Bebek Mercon”. Pemberian nama yang unik dan lucu bisa mengundang penasaran para pembeli untuk mencobanya. Siapa tahu pembeli-pembeli baru ini kelak menjadi pelanggan setia kita.

>>. Memikat Konsumen

Keluwesan menyapa dan melayani pembeli merupakan keterampilan yang sangat menunjang kesuksesan bisnis kuliner kita. Jika kita ingin punya pelanggan tetap dan usaha makanan kita meraih sukses, Kita harus bisa menarik dan memikat konsumen. Minimal sambut pelanggan dengan senyum ramah-tamah. Perlakukan pelanggan layaknya raja dan ratu yang mulia.

>>. Potongan Harga

Berikan potongan harga pada even-even tertentu, misalnya saat grand opening restoran kita. Selain itu, Kita juga dapat menawarkan paket hemat pada hari-hari tertentu, misalnya memberikan harga paket keluarga di hari libur. Potongan harga merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk berkunjung ke usaha kita. Gunakan brosur, pamflet, atau spanduk untuk mempromosikan potongan harga yang kita tawarkan.

>>. promosikan makanan yang anda jual melalui media internet seperti memasang iklan di banyak website yang terkenal dan otomatis anda juga harus memiliki website untuk produk makanan yang anda jual, yah minimal blog bila anda ingin gratisan

>>. promosikan makanan yang anda jual melalui iklan radio di beberapa radio yang sudah terkenal tentunya

>>. promosikan makanan yang anda jual dari mulut kemulut maksudnya adalah berjualan dengan mempromosikan pada custemer yang membeli makanan anda dengan promosi diskon atau sejenisnya

>>. promosikan makanan yang anda jual melalui media televisi dengan memasang iklan televisi bila budget anda cukup.

>>. promosikan makanan anda melalui media brosur, bagian brosur yang isinya menjelaskan tentang dagangan anda pada orang-orang di manapun.

>>. promosikan makanan yang anda jual melalui media cetak seperti majalah koran dan lain-lain

Demikian tips Cara Sukses Promosi Bisnis Makanan , selamat mencoba dan semoga sukses.

1 komentar:

nuhunsugih mengatakan... 14 Maret 2012 11.12

Bagus gan artikelnya, salam kenal..

Post a Comment and Don't Spam!

˘