Informasi Peluang Bisnis Mudah

Tips membeli di internet

Share on :

Dengan semakin banyaknya penipuan yang terjadi di dunia maya untuk kasus transaksi jual beli barang, maka kini tidak dapat di hindari lagi suatu stigma negatif telah diberikan oleh sebagian orang terhadap sistem jual beli & perdagangan di dunia maya maupun kepada para pebisnis online. Memang tidak dapat dipungkiri, bahwa tidak semua sistem jual beli di Internet itu benar-benar bebas dari penipuan. Ada saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan di Internet dengan memakai cara-cara penipuan yang akhirnya dapat menimbulkan ketakutan dan ketidak percayaan terhadap sistem perdagangan di Internet.

Lewat postingan kali ini, saya akan membagikan tentang tips atau cara-cara berbelanja di dunia maya kepada anda yang tidak ingin kecolongan (tertipu) dalam melakukan transaksi jual beli barang di Internet. Ternyata memang berbelanja di internet itu perlu memiliki pemahaman yang cukup supaya bisa terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang memang memiliki tujuan untuk menipu banyak orang.

Silahkan anda perhatikan Tips & Trik belanja di Internet dibawah ini, agar Anda bisa berbelanja dengan aman dan nyaman:

Harga Super Miring, Patut di Curigai

Jika ada yang menjual barang dengan harga sangat jauh dari harga aslinya, maka sebaiknya anda jangan beli barang tersebut. Ada kemungkinan mereka adalah penipu atau kalau tidak mereka menjual barang yang sudah pasti tidak sama dengan yang aslinya.

Usahakan Penjualnya Berada Dalam 1 Domisili Dengan Anda

Kalau bisa usahakan beli dari pihak yang berdomisili satu daerah/ kota dengan anda?…Untuk saat ini saya percaya bahwa setiap produk yang anda butuhkan pasti sudah ada penjualnya di daerah yang memiliki domisili yang sama dengan anda. Kecuali jika anda memang tinggal didaerah yang jauh dari pusat perdagangan, contohnya: pedalaman, pedesaan dan daerah tertinggal? …

Usahakan Anda Punya Kenalan Yang Satu Kota Dengan Penjual

Seandainya memang Anda harus membeli produk maupun memakai jasa yang ada di luar daerah Anda, maka yang perlu dipastikan adalah Anda harus memiliki kenalan yang berdomisili satu kota dengan pihak tersebut? Sebenarnya hal itu dilakukan untuk meminimalkan resiko yang dapat merugikan diri Anda sendiri.

Lakukan Pembayaran Dengan Cara COD atau CnC

Jika anda satu kota dengan penjual, maka ajaklah bertransaksi dengan menggunakan cara COD (Cash On Delivery) atau CnC (Cash and Carry). Jikai si penjual menolak untuk bertemu anda secara langsung untuk bertransaksi dengan cara COD (Cash On Delivery) atau CnC (Cash and Carry), maka ada baiknya untuk anda mulai waspada, jangan-jangan dia punya itikad yang tidak baik terhadap anda.

Hati-Hati Terhadap Desakan Untuk Segera Melakukan Pembayaran

Jika si penjual mendesak anda untuk segera melakukan pembayaran dengan berbagai macam alasan, maka anda harus waspada. Alasan yang sering digunakan oleh mereka biasanya adalah dengan cara berpura-pura mengaku butuh uang, dsb.

Belilah di Tempat Yang Pernah di Beli oleh Orang Yang Anda Kenal

Jika anda suatu butuh barang lebih baik tanyalah kepada orang-orang yang anda kenal (bukan orang-orang yang baru anda kenal?… ) tapi yang pernah melakukan order di tempat tersebut. Biasanya kemungkinan untuk tertipu sangat kecil sekali (walaupun tetap bisa tertipu)

Usahakan si Penjual memiliki Website (Toko Online)

Walaupun tidak semua, tanpa berniat untuk mencurigai, sepertinya kredibiltas seorang penjual, pedagang maupun pebisnis perlu diragukan jika tidak memiliki website yang dapat digunakan untuk membuktikan bahwa mereka benar-benar dapat di percaya. Maaf, sekarang ini “banyak” (tidak semua) pedagang khususnya yang membuka lapak di Facebook, KasKus maupun Forum-Forum Jual Beli yang menipu pembeli justru tidak memiliki Website.

Perhatikan Berapa Lama Bergabungnya, Reputasinya, dan Testimonialnya

Walau tidak mutlak, tidak ada salahnya jika anda juga turut memperhatikan point ini. Perhatikan berapa lama dia bergabung dalam menjajakan produknya di situs jejaring seperti Facebook, Twitter maupun di forum-forum jual beli semacam KasKus? Semakin lama dia bergabung, semakin banyak yang membeli produknya dan semakin banyak yang memberi testimoni yang positif maka sepertinya semakin layak untuk dia dipercayai reputasinya. Jika dia sudah lama bergabung tetapi sedikit yang memberi testimoni kepadanya, maka ada kemungkinan dia memiliki layanan ataupun produk yang buruk.

Gunakan Jasa Pihak Ketiga Yang Terpercaya

Jika nilai transaksi sangat besar, lebih baik gunakan jasa pihak ketiga, macam Rekening Bersama. Memang anda akan dikenai fee, tetapi ini lebih baik daripada uang yang anda kumpulkan dengan susah payah, hilang sia-sia.. Waspadai jika dia menolak menggunakan Jasa pihak ketiga/rekening bersama. Sebaiknya Anda minta rekomendasi dari orang-orang yang sudah terbiasa melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan jasa pihak ketiga yang ada di forum-forum jual beli seperti forum jual beli yang ada di KasKus. Usahakan jangan sampai Anda tergiur dengan tawaran fee yang sangat rendah!

Sekian dulu info dari saya. Jika ada tambahan poin dalam tips ini silahkan sampaikan lewat kolom komentar di bawah ini?…Semoga Anda tidak menjadi korban penipuan yang kesekian kalinya…

Salam sukses !!…

0 komentar on Tips membeli di internet :

Post a Comment and Don't Spam!

˘